Istilah influencer mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Ramainya sosial media memang membuat beberapa orang mendadak terkenal, yang kemudian mereka menamai diri sendiri sebagai influencer.

Mereka adalah orang-orang yang memiliki jumlah pengikut sangat banyak di media sosial. Orang-orang ini biasanya bisa membuat sebuah tren yang kemudian diikuti para pengikutnya. Namun, sudahkah Anda mendengar tentang KOL atau Key Opinion Leader? Jika belum, maka Nata Connexindo akan membahas apa itu kol dan perbedaan kedua istilah tersebut di bawah ini.

Bagi sebuah bisnis, melakukan promosi melalui seseorang dengan nama besar memang bisa berdampak besar juga. Sebelum ramai digitalisasi, mungkin Anda sudah sering menjumpai teknik promosi seperti ini.

Baca juga: Pentingnya Branding Bagi Bisnis

Misalnya saja saat seorang pejabat, atau tokoh publik yang dianggap memiliki peran dan nama besar di tengah masyarakat, menikmati hidangan di sebuah rumah makan, lalu dengan bermodal foto kedatangan tokoh tersebut yang biasanya dibungkus bingkai disertai keterangan tanggal dan nama tokoh, pemilik rumah makan akan memajang gambar tersebut. Foto tersebut dijadikan sebagai bukti bahwa rumah makan yang ia miliki memiliki citarasa nikmat, yang bahkan tokoh terkenal pun mau datang dan makan di tempat tersebut.

Munculnya era digital mengubah sedikit teknik tersebut. Tidak perlu lagi foto dengan bingkai, melainkan hanya sebuah unggahan di media sosial. Anda sebagai pemilik bisnis pun bisa menggunakan teknik promosi ini. Namun, Anda harus tahu siapa tokoh yang akan Anda percayakan untuk promosi bisnis agar mendapat hasil yang maksimal.